Puskesmas Sukarame, 28 Agustus 2023

Pelaksanaan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di wilayah Kerja Puskesmas Sukarame dilaksanakan di 18 Sekolah Dasar / Madrasah.

Imunisasi yang diberikan pada BIAS ada dua jenis yaitu:

1.      Vaksin MR (vaksin campak dan rubella) 

Imunisasi campak biasanya diberikan pada anak kelas I, Campak sering disebut Tampek (Betawi), Gabagan (Jawa), Madewa (Bali), Mazelen (Belanda), Maesles (Inggris) dan Morbili (Latin) adalah penyakit yang sangat berbahaya untuk bayi dan anak karena sering disertai komplikasi bronchopneumonia yang banyak menyebabkan kematian pada bayi dan anak.

Bahaya penyakit campak adalah panas tinggi, radang mulut dan tenggorokan, diare, radang otak, gizi memburuk, radang paru.

Cara penularannya secara kontak langsung dan melalui pernafasan penderita. Siswa yang terkena campak sebaiknya tidak diijinkan sekolah sampai sembuh agar tidak terkaji penularan ke teman-temannya.

Pencegahannya dengan pemberian imunisasi Campak pada waktu bayi (9 bulan) dan diulang (booster) kembali pada waktu kelas I SD untuk menambah kekebalan seumur hidup.

2.      HPV (Human Papilloma Virus)

Pemberian vaksin ini pada anak kelas 5 dan 6 dengan jenis kelamin perempuan.Vaksin HPV atau human papillomavirus vaccine (HPV) adalah jenis vaksin yang dapat membantu melindungi individu dari infeksi HPV yang merupakan penyebab utama kanker serviks.Vaksin HPV umumnya diberikan kepada perempuan sebelum aktif melakukan hubungan seksual. Vaksin HPV bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi yang dapat melawan virus HPV. Setelah diberikan vaksin, tubuh akan mengenali bagian-bagian virus HPV yang terkandung dalam vaksin dan memproduksi antibodi untuk melawannya.

Program tersebut dilaksanakan mulai tanggal 21 Agustus 2023 sampai dengan 28 Agustus 2023 dengan capaian anak kelas satu 330 anak mendapatkan imunisasi MR dan kelas lima khusus anak perempuan 143 anak mendapatkan imunisasi Human Papiloma Virus.